- Start & Stop System (SSS)
- Traction Control
- Dual-channel ABS
- Terkoneksi smartphone
- Smart Key
- Socket power charger
- Smart Motor Generator
- Posisi berkendara santai
- Sub-tank Suspension
- Lampu LED depan-belakang
- Hazard Lamp
- Panelmeter digital
- Side Stand Switch
- Tangki 7.1 liter
- Bagasi 25 liter
Fitur Aerox 155 2020 ABS / Connected
- Smart Motor Generator
- Bagasi 25 liter
- Terkoneksi smartphone
- Lampu LED depan-belakang
- Panelmeter digital 5.8 inch
- Socket power charger
- Smart Key
- ABS
- Start & Stop System (SSS)
- Smart Brake Lock
- Side Stand Switch
- Grip behel sporty menyatu dengan body
- Socket power charger
- Smart Motor Generator
- Hazard Lamp
- Tangki 5.5 liter
Melihat fitur dari keduanya, jelas Nmax memiliki banyak kelebihan ketimbang Aerox 155.
Saat ini aplikasi Y Connect sudah tertanam pada All New Yamaha Nmax 2020 dan juga All New Aerox 2020, yaitu Teknologi Comunication Control Unit (CCU) berbasis bluetooth yang mampu menghubungkan motor dengan smartphone.
Fungsi utama dari fitur ini adalah:
- Phone & Message Notification
- Parking Location
- Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery (Accu))
- Fuel Consumption
- Malfunction Notification
Selain itu Nmax 2020 juga punya ‘Handlebar Switch Control’, yaitu tombol untuk memilih tampilan informasi dan setting pada speedometer.
Pada sektor mesin, Nmax 2020 juga punya rasio kompresi yang lebih tinggi sehingga keluaran power dan torsinya lebih besar dari Aerox 155.
Belum habis sampai situ, All New Nmax juga sudah punya rem cakram pada kedua rodanya. Sementara Aerox masih menggunakan rem tromol pada roda belakang.
Masih ada lagi. Kapasitas tangki Nmax 2020 juga jauh lebih besar ketimbang Aerox 155. Dan pamungkasnya, All New Nmax juga telah menggunakan suspensi tabung.
Aerox untuk tipe R juga pakai shock tabung tapi minus fitur keyless. Jadi Yamaha memberikan hanya salah satu pilihan saja untuk Aerox: apakah mau tipe S yang punya keyless atau tipe R yang punya shock tabung?
Sedangkan All New Nmax punya keduanya.
Terus, apa kelebihan Aerox dari Nmax?
Kalau bicara selera Mtb, ukuran ban Aerox yang lebih gambot itulah yang menjadi kelebihannya. Selain itu Aerox juga menggunakan velg berdiameter 14 inch sehingga relatif lebih stabil untuk melintasi jalanan yang kurang bagus.
Perbandingan Harga Yamaha Nmax vs Aerox ABS
Melihat kesenjangan yang terbilang cukup signifikan, maka patut saja jika banderol keduanya pun terpaut lumayan jauh.
All New Nmax punya banderol Rp31.000.000, sementara Aerox tipe S Rp29.000.000 (keduanya berstatus on the road (OTR) DKI Jakarta).
Nmax berkonsep Maxi dengan desain santai, sedangkan Aerox 155 mengusung model sport yang menurut selera mata Mtb, benar-benar sporty. So, tidak ada kata: mana yang lebih baik. Karena yang terbaik adalah yang sesuai dengan selera dan karakter Om Bro sekalian.
Nmax vs Aerox Spec
Parameter | Nmax ABS | Aerox Tipe S |
Teknologi Mesin | Blue Core | Blue Core |
Teknologi Klep | VVA | VVA |
Fitur SSS | Ya | Ya |
Kontrol Traksi | Ya | Tidak |
Sistem Rem | ABS dual-channel | ABS |
Terkoneksi Ponsel | Ya | Tidak |
Kunci Kontak | Keyless | Keyless |
Power Charger | Ya | Ya |
Teknologi Starter | SMG | SMG |
Posisi Berkendara | Rileks | Sporty |
Lampu | LED depan-belakang | LED depan-belakang |
Panelmeter | Digital | Digital 5.8 inch |
Side Stand Switch | Ya | Ya |
Kapasitas Bagasi | 25 liter | 25 liter |
Tipe Mesin | 4-langkah SOHC berpendingin cairan | 4-langkah SOHC berpendingin cairan |
Kapasitas Silinder | 155.1cc | 155.1cc |
Bore × Stroke | 58.0 × 58.7 mm | 58.0 × 58.7 cm |
Rasio Kompresi | 11.6:1 | 11.6 : 1 |
Power Maksimum | 11.3 kW/8000 rpm | 11.3 kW / 8000 rpm |
Torsi Maksimum | 13.9 Nm/6500 rpm | 13.9 Nm / 6500rpm |
Starter | Elektrik | Elektrik |
Kapasitas Oli | 1 liter (total); 900 ml (berkala) | 1 liter (total); 900 ml (berkala) |
Sistem Pengabutan | Injeksi | Injeksi |
Tipe Kopling | Otomatis sentrifugal, tipe kering | Otomatis sentrifugal, tipe kering |
Tipe Transmisi | Otomatis, V-belt | Otomatis, V-belt |
Dimensi (p × l × t) | 193.5 × 74.0 × 116.0 cm | 199.0 × 70.0 × 112.5 cm |
Jarak As Roda | 134 cm | 135 cm |
Jarak ke Tanah | 12.4 cm | 14.2 cm |
Tinggi Jok | 76.5 cm | 79.0 cm |
Berat Isi | 132 kg | 118 kg |
Kapasitas Tangki | 7.1 liter | 5.5 liter |
Tipe Rangka | Underbone | Underbone |
Suspensi Depan | Teleskopik | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Unit swing, twin sub-tank suspension | Unit swing, twin |
Ban Depan | 110/70-13 M/C 48P | 110/80-14M/C 53P |
Ban Belakang | 130/70-13 M/C 63P | 140/70-14M/C 62P |
Rem Depan | Cakram hidrolik | Cakram hidrolik |
Rem Belakang | Cakram hidrolik | Tromol |
Sistem Pengapian | TCI | TCI |
Baterai | YTZ7V | YTZ7V |
Tipe Busi | NGK CPR8EA-9 | NGK CPR8EA-9 |
Tambahannya, All New Nmax juga punya lampu hazard dan kontrol traksi.