Sunday, November 29, 2020



API adalah perintah, fungsi, komponen yang disediakan untuk membangun perangkat lunak. 

Keuntungan menggunakan API: 

Probabilitas → dapat digunakan dalam berbagai bahasa ataupun sistem operasi 

Lebih Mudah Dimengerti → karena bahasa lebih terstruktur 

Mudah Dikembangkan → developer dapat mengembangkan API sendiriAPI itu interface perangkat lunak-ke-perangkat lunak. 

API digunakan untuk interface dari software ke software.


Arsiterktur Java communication api

Contoh System Call



Contoh program sederhana di samping, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh Karena itu Kebanyakan programer memembuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface (API). Dalam API itu terdapat fungsi atau perintah-perintah untuk  menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya. tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama dengan nama di API.



Komunikasi alat melalui port

Komunikasi pada jaringan kabel dapat menggunakan salah satu dari empat macam tipe data:

Kontrol transfer: Ini adalah data paket singkat untuk perangkat kontrol dan konfigurasi, khususnya pada saat pasang.

Bulk transfers: Ini adalah paket-paket data dalam jumlah yang relatif besar. Scanners atau perangkat seperti SCSI Adapters menggunakan jenis transfer.

Interrupt transfers: Ini adalah paket data yang polled secara berkala. Host controller akan secara otomatis mengirimkan interrupt pada interval tertentu.

Isochronous transfers: Ini adalah aliran data secara real time dengan bandwidth yang lebih tinggi daripada persyaratan untuk kehandalan. Audio dan video menggunakan perangkat ini umumnya jenis transfer.

Ada 2 port yg digunakan yaitu :

Port Serial, merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekaligus.

Port Parallel, merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri.





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Alresky Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -