Sunday, November 29, 2020

Jaringan Nomadic (Mobile Computing Network) merupakan jaringan tanpa kabel (Nirkabel) yang digunakan oleh user namun tetap bisa digunakan walaupun user berpindah tempat atau lokasi (Mobile).

Nomadic Computing menyangkut tentang perangkat komputasi portabel (Laptop dan Gadget) hubungannya dengan teknologi komunikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dan data di mana saja di dunia.


Jenis- Jenis Nomadic :

1. Jenis Jaringan Wireless LAN (W-LAN)


Wireless LAN (WLAN) merupakan Local Area Network (LAN) tanpa kabel (Nirkabel) yang digunakan untuk memancarkan dan menerima data melalui gelombang udara.
WLAN bersifat fleksibel menggunakan frekuensi radio, mengirim dan menerima data lewat udara dengan meminimalisir sambungan kabel.
BSS (Basic Service Set) yang merupakan struktur dasar dari sebuah infrastruktur jaringan LAN Nirkabel, dalam jaringan tersebut terdapat AP (Access Point) yang terhubung. AP menyebarkan SSID (Service Set Identifier) untuk memungkinkan perangkat lain bergabung dengan jaringan.
Penerapan : Wireless Lan pada sebuah infrastruktur ruangan kantor.


2. Jenis Jaringan Wireless Access Point (W-AP)

Wireless W-AP merupakan antena yang menghubungkan perangkat mobile (Laptop dan Gadget) pada Jaringan W-AP menggunakan suatu perangkat Access Point (AP).
Penerapan : Wireless W-AP pada rumah yang menggunakan paket operator jaringan.



3. Jenis Jaringan Hotspot
Hotspot merupakan suatu lingkungan geografis kecil disebut dengan Area Bersinyal dimana suatu titik akses tanpa kabel menyediakan layanan kepada sejumlah pemakai (Client) dan Hotspot dapat memancarkan suatu koneksi jaringan kepada penerima dengan frekuensi tertentu yang dipancarkan oleh Wi-Fi (Wireless Fidelity).
Penerapan : Pembuatan Hotspot pada Smartphone untuk Internet Sharing.




4. Jenis Jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Wi-Fi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (Gelombang Radio) melalui sebuah jaringan komputer, Wi-Fi memiliki nama standar transmisi data 802.11b.
Penerapan : Jaringan Wi-Fi pada Smartphone untuk mencari Jaringan Hotspot.



5. Jenis Jaringan Voice Portal
Voice Portal merupakan Website dengan audio interface, diakses dengan menggunakan panggilan telepon, voice portal ini biasa digunakan pada Acara TV, Bisnis Perusahaan dan Bursa Saham.
Penerapan : Penggunaan Voice Portal yang menggunakan layanan Website.






Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Alresky Blog - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -