INTERFACE
Antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem
operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung
dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command
Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi.
Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung
dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command
Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).
TUJUAN USER INTERFACE
Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas.
Membuat antar muka pengguna menjadi efisien.
Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna.
Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
Memperbaiki produktivitas dari pengetahuan pegawai
PERBANDINGAN INTERFACE
- Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah
dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan
baris-baris tertentu.
sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah
dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan
baris-baris tertentu.
- Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk
berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik,
ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device)
seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik,
ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device)
seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
TIPE-TIPE INTERFACE
- Komponen Dasar
Komponen-komponen dasar interface grafis antara lain adalah :
Ø Tombol tekan (dalam gambar adalah kotak dengan label “Simpan”),
Ø spin box
Ø list box
Ø combo box
Ø tombol radio
Ø check button
Ø dan penggeser (sliding bar atau disingkat slider) baik yang tegak
maupun datar.
maupun datar.
- Perangkat Interaktif
Alat Interaktif adalah perangkat-perangkat yang digunakan untuk
memberi perintah komputer. Perangkat interaktif
memberi perintah komputer. Perangkat interaktif
contohnya: Mouse, Trackball, dan Gamepad
- Dialog Control
1. Dialog Berbasis Perintah Tunggal (Command Line Dialogue)
Merupakan ragam dialog yang paling konvensional. Perintah-perintah
tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer
yang dipakai dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa
perintah (command language).
tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer
yang dipakai dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa
perintah (command language).
2. Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman (Programming language dialogue)
Dalam keadaan tertentu, penggunaan dialog berbasis perintah tunggal
sering tidak memadai, khususnya ketika pengguna terus memberikan
sederetan perintah-perintah yang sama setiap kali ia menjalankan program
aplikasi tersebut.
sering tidak memadai, khususnya ketika pengguna terus memberikan
sederetan perintah-perintah yang sama setiap kali ia menjalankan program
aplikasi tersebut.
TIPE-TIPE INTERAKSI
- Direct manipulation
Pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek pada layar.
Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
Contoh: Video games.
Kelebihan : Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung
diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.
diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat.
Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada
sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi
atau objek.
sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi
atau objek.
- Command language
Perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program.
Contoh: operating system.
Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX,
DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah
bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah
bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya,
tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi.
Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah sering terjadi.
Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik perlu.
- Natural language
Perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk
mendapatkan hasil.
mendapatkan hasil.
Contoh: search engine di Internet.
Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas
(singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine.
Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
(singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine.
Ada kebebasan menggunakan kata-kata.
Kekurangan: Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan
memerlukan banyak pengetikan.
Sumber: https://jekhotzone.blogspot.com/2020/04/interface.html?m=1
memerlukan banyak pengetikan.
Sumber: https://jekhotzone.blogspot.com/2020/04/interface.html?m=1